Sabtu, 11 Desember 2010

Tips merawat CCR

A.  Merawat Tape Recorder
  •     Jangan pernah menyimpan kaset dalam kondisi setengah habis (masih terdapat pita hitam). Pastikan kaset tersimpan dalam kotaknya dalam kondisi habis (pita putih) untuk menghindari perubahan kualitas suara kaset.
  •     Kebiasaan menyimpan kaset di dalam tape bukanlah hal yang baik. Head tape adalah medan magnet yang bisa membuat koleksi kaset mengalami perubahan suara naik turun. Setelah didengarkan, keluarkan segera kaset dan simpan pada kotaknya.
  • .    siapkan rak khusus koleksi kaset dengan sirkulasi udara yang baik. Berikan rongga antar kaset, sehingga meminimalisir koleksi dari resiko terkena jamur. Jika sudah dempet-dempet dan salah satu koleksi kena jamur, biasanya nular ke koleksi lain.

B.  Merawat Cassette
 I. Cara membersihkan pita dari jamur.
Jika terlalu lama tak distel, pita kaset biasanya jamuran, yang membuat suaranya mendem jika diputar. Untuk membersihkannya ada beberapa cara. Cara teraman adalah distel bolak-balik sampai jamurnya hilang. Makan waktu memang. Namun jika tape kita memiliki mode high speed, ini takkan memakan waktu lama. Cara kedua adalah dengan alat pemutar manual (yang sering ada di bakul2 kaset bekas di taman puring dan jatinegara). Tisu yang sudah diberi alkohol ditempelkan ke bagian tengah pita kaset (yang menghadap ke bawah), dijepit dengan jari sehingga tisu tersebut menempel ke pita, lalu mulai diputar pelan-pelan.
Hanya saja perlu diperhatikan, ada beberapa jenis pita yang tak kuat dibersihkan dengan cara ini, yang berakibat pitanya rontok, diantaranya merek BASF dan pita kaset-kaset Indonesia lama. Sebaiknya jika membersihkan kaset-kaset jenis ini jangan menggunakan alkohol. Yang cukup kuat adalah pita Maxell. Ciri dari pita Maxell adalah tanda panah hitam yang dicetak di pita putih sebelum pita coklat. Label yang menggunakan pita jenis Maxell ini diantaranya adalah YESS, Monalisa dan Rockline.

2. Mengatasi suara mendem.
Suara mendem tak hanya diakibatkan jamur. Bisa juga busa alas pitanya mengeras atau tertutup kerak kotoran pita. Cara membersihkannya: gosok busa tersebut dengan cotton bud yang sudah direndam alkohol perlahan-lahan sampai kerak kotorannya jauh berkurang. Lalu antara busa dan pita diselipkan potongan tisu (jangan terlalu tebal). Ini gunanya agar kotoran dari pita tidak langsung terkena busa, melainkan menempel ke tisu tersebut. Insya Allah suara kembali jernih.

3. Mengatasi kaset "alot".

Kadang jika diputar, bunyi kaset akan mengayun, ini karena kaset tersebut berat memutar, istilahnya "alot". Jika dipaksakan sangat berbahaya karena pitanya  bisa menyangkut/kusut. Ini biasanya disebabkan karena kaset sering di-rewind/ fast forward, atau bisa juga pitanya memuai karena kepanasan. Biasanya karena diputar di tape mobil. Untuk mengatasinya ada beberapa cara: Cara pertama adalah kaset dipukul-pukulkan ke telapak tangan berkali-kali. Biasanya setelah itu jalannya lebih lancar. Jika masih berat, buka kaset tersebut dan ambil plastik/kertas yang ada di dalamnya, lalu setel bolak balik. Setelah lancar, jika memungkinkan, masukkan kembali kertas/plastik tsb.
Ada yang bilang, kaset dimasukkan ke dalam freezer, tapi saya sudah mencoba cara ini, sepertinya tidak manjur.

4. Penyimpanan yang tepat.
Menyimpan kaset jangan di tempat yang lembab atau terkena sinar matahari langsung. Kedua tempat ini lama kelamaan akan mempengaruhi kualitas suara. Jika memungkinkan, taruh di dalam lemari, jangan menempel langsung pada lantai. Jika jumlahnya banyak, bisa juga dibuatkan rak khusus murah meriah dari kayu, tentunya dengan memperhatikan kedua hal diatas. Jangan terlalu lembab dan jangan kena matahari langsung.
 Laci seperti ini sudah mulai sulit didapat. Cara termurah adalah membeli dari pedagang kaset bekas.
 

Proses Menginstal Casette Recorder

langkah -langkah dalam melakukan penginstalan :

  • Persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  • Hubungkan steker Tape Recorder ke sumber tegangan 220 VAC.
  • Rangkaikan alat seperti pada Gambar Kerja 1.1.
  • Nyalakan Tape Recorder dengan menekan tombol power yang ada pada Tape Recorder.
  • Hubungkan Microphone pada sambungan Mic (Jack Mic) yang tersedia pada Tape Recorder.
  • Tekan tombol “Eject” untuk membuka tempat kaset Tape Recorder.
  • Masukkan Kaset Audio ke dalam tempat kaset Tape Recorder.
  • Tutup tempat kaset yang telah berisi kaset tersebut.
  • Persiapkan suara untuk memulai perekaman melalui Tape Recorder.
  • Tekan tombol “Play + Rec” untuk memulai proses perekaman audio.
  • Tekan tombol “Stop” jika perekaman telah selesai atau untuk memberhentikan proses perekaman.
  • Tekan tombol “Rewind” hingga kaset kembali ke letak awalnya.
  • Tekan tombol “Play” untuk memutar/memainkan kembali Audio yang telah direkam.
  • Tekan tombol “Stop” untuk memberhentikan proses pemutaran kaset.
  • Keluarkan kaset jika setelah digunakan dengan menekan tombol “Eject”.
  • Ambil Kaset dan tutup kembali tempat kaset yang terbuka.
  • Matikan pesawat Tape Recorder dengan menekan tombol “power”
  • Lepas konektor Mic dengan Jack Mic yang berada pada Tape Recorder.
  • Lepas steker Tape Recorder dari tegangan sumber 220 VAC.
  • Kembalikan semua pesawat dan alat yang digunakan ke semua tempat semula.

Mengoprasikan compact casette recorder

      Pesawat cassette recorder difungsikan untuk mereproduksi ulang informasi suara yang ada didalam pita kaset menjadi suara. Selain itu juga berfungsi untuk merekam informasi suara ke dalam pita Pesawat Cassette Recorder sering terlihat sudah terintegrasi dengan peralata Audio lain, seperti tape compo, tape deck, dan walkman. Dalam pengoperasiannya terdapat bagian sumber seperti microphone, peralatan musik , atau radio AM atau FM. Salah satu fungsi dari pesawat casette recorder adalah perekaman, dimana difungsikan untuk menyimpan sinyal audio dalam kaset, sehingga suatu saat bila diperlukan, sinyal audio tersebut dapat dimainkan kembali sehinggan terdengar pada loud speaker.

Kecermatan memahami langkah atau prosedur pengoperasian peralatan Audio Untuk dapat mengoperasikan peralatan Audio yang benar agar tidak terjadi kesalahan maka sebaiknya memahami hal-hal dibawah ini :
  1. Simbol petir di dalam segitiga dimaksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya tegangan tinggi di dalam yang tidak terisolasi.
  2. Tanda seru di dalam segitiga di maksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya intruksi penting pengoperasian & perawatan penting dalam literature yang menyertai produk.

Perhatian
  1. Simbol petir di dalam segitiga dimaksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya tegangan tinggi di dalam yang tidak terisolasi.
  2. Tanda seru di dalam segitiga di maksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya intruksi penting pengoperasian & perawatan penting dalam literature yang menyertai produk.

Perawatan
  • Pilih tempat yang bebas debu & bebas goncangan
  • Letakan pesawat pada posisi * Pada waktu melakukan instalasi pesawat harus dalam keadaan mati ( off )
  • Sebelum mengoperasikan pesawat, perhatikan sumber daya yang akan digunakan ( listrik atau baterai )
  • Membersihkan pesawat cukup dengan kain kering atau diberi sedikit air, jangan menggunakan bahan kimia seperti spirtus, alcohol, bensin, dll.
  • Hubungi service terdekat jika pesawat mengalami kerusakan.

Pengoperasian Pada Pesawat Cassette Recorder yaitu :
  • Atur knob atau tombol “ Function “ pada posisi “Tape”
  • Buka tempat kaset dengan menenak tombol “ Stop/Eject “
  • Masukkan kaset ke tempat kaset sesuai dengan sisi kaset yang akan dimainkan.
  • Tekan tombol “ Play “ untuk memainkannya.
  • Atur volume & graphic equalizer sesuai dengan selera anda.

Prinsip Kerja Pita Magnetik

Compact Cassette, yang biasa disebut kaset, pita kaset, atau tape adalah media penyimpan data yang umumnya berupa lagu. Berasal dari bahasa Perancis, yakni cassette yang berarti “kotak kecil”. Kaset berupa pita magnetik yang mampu merekam data dengan format suara. Dari tahun 1970 sampai 1990-an, kaset merupakan salah satu format media yang paling umum digunakan dalam industri musik.
Kaset terdiri dari kumparan-kumparan kecil. Kumparan-kumparan dan bagian-bagian lainnya ini terbungkus dalam bungkus plastik berbentuk kotak kecil berbentuk persegi panjang. Di dalamnya terdapat sepasang roda putaran untuk pita magnet. Pita ini akan berputar dan menggulung ketika kaset dimainkan atau merekam. Ketika pita bergerak ke salah satu arah dan yang lainnya bergerak ke arah yang lain. Hal ini membuat kaset dapat dimainkan atau merekam di kedua sisinya. Contohnya, side A dan side B.
Kaset pertama kali diperkenalkan oleh Phillips pada tahun 1963 di Eropa dan tahun 1964 di Amerika Serikat, dengan nama Compact Cassette. Kemudian kaset semakin populer di industri musik selama tahun 1970-an dan perlahan-lahan menggeser piringan hitam. Produksi besar kaset diawali pada tahun 1964 di Hanover, Jerman. Pada awalnya, kualitas suara pada kaset ini tidak terlalu bagus untuk musik. Bahkan beberapa model awal tidak memiliki rancangan mesin yang baik. Pada tahun 1971, The Advant Corporation memperkenalkan model terbarunya, Model 201, yang menggabungkan Dolby tipe B pengurang gangguan (noise) dengan pita kromium dioksida. Oleh karena itulah kaset mulai dapat digunakan dalam industri musik secara serius, dan dimulailah era kaset berketepatan tinggi.
Selama tahun 1980-an, popularitas kaset tumbuh semakin pesat karena hadirnya rekorder poket portabel pemutarnya seperti Sony’s Walkman. Seperti radio yang menyediakan musik pada 1960-an, pemutar CD portable pada 1990-an, dan MP3 player pada 2000-an, kaset memegang peran besar dalam dunia musik pada 1980-an dan 1990-an, bahkan di era sekarang (setelah 2000-an), kaset masih menjadi salah satu alternatif media musik. Lepas dari segi tekniknya, keberadaan kaset juga berdampak pada perubahan sosial. Keawetan kaset serta kemudahannya untuk dikopi berperan di balik berkembangnya musik punk dan rock. Kaset seakan-akan menjadi pijakan bagi generasi muda di kebudayaan barat. Untuk alasan yang sama pula kaset berkembang pesat di negara-negara berkembang. Pada tahun 1970-an, kaset dianggap membawa pengaruh buruk sekularisme di kalangan masyarakat religius India. Teknologi kaset menciptakan pasar yang membludak bagi musik pop di India, menimbulkan kritik dari kaum konservatif dan di waktu yang sama menciptakan pasar besar yang melegitimasi perusahaan-perusahaan rekaman dan pembajakan kaset.
Perekaman magnetik lahir ke dunia perekaman pada tahun 1898, ketika rekaman telegraphone kawat-mesin diciptakan oleh penemu Denmark Valdemar Poulsen. Sayangnya, mesin ini adalah miskin dalam kualitas karena tidak mengandung penguat yang tepat dan kawat, magnet rekaman jadi tertunda selama beberapa dekade melibatkan Present-hari. rekaman menggunakan pita daripada kawat.
Sebuah tape recorder terdiri dari beberapa motor yang mentransfer rekaman itu dari satu gulungan yang lain. Lain. Motor menyelenggarakan fungsi cepat-maju dan mundur, dan memberikan torsi untuk mengambil-up reel selama pemutaran mesin Kebanyakan memiliki tiga kepala, satu untuk pemutaran, satu untuk penghapusan, dan satu untuk merekam.
Rekaman itu sendiri biasanya terbuat dari bahan plastik - selulosa asetat atau poliester - dan umumnya 1 / 4 "lebar untuk digunakan di rumah. Hal ini dilapisi di satu sisi dengan begitu banyak partikel oksida besi yang satu inci dari tape berisi hampir satu triliun partikel berbeda! gulungan berukuran Beberapa tersedia, serta peluru dan kaset, yang memerlukan mesin-mesin khusus untuk mengoperasikannya.
Perekaman magnetik lebih unggul untuk merekam disk karena itu dengan mudah dapat diedit. Tape dapat dipotong dan disambung dengan mudah.. Selain itu, rekaman dapat digunakan kembali tanpa batas dengan menghapus dan kembali rekaman Sayangnya, rekaman tape tidak bisa diproduksi secara massal murah seperti catatan dapat Disc. mudah dapat ditekan dengan cara mekanis, tetapi banyak kaki rekaman yang terdiri dari sebuah kumparan harus dicatat secara manual.

Format

Pada saat ini kaset digandakan dibuat pada kedua mesin fotokopi kaset mono dan stereo. Ketika membeli mesin fotokopi baru, Fasilitas GRN harus mempertimbangkan apakah akan mendapatkan mesin fotokopi mono atau stereo. Faktor-faktor yang dipertimbangkan termasuk: perbedaan dalam biaya, format dari mesin pemutaran tersedia di pasar yang biasanya digunakan oleh target audiens, dan apa kebutuhan mungkin ada untuk mereproduksi program stereo. salinan Stereo dapat dimainkan pada mesin mono cukup memuaskan.

Konfigurasi

Konfigurasi paling dasar terdiri dari dua mekanisme kaset, sebuah "Master" dan satu "Budak", dan ada mesin semacam ini digunakan di GRN. Konfigurasi yang paling umum memiliki mekanisme kaset empat, sebuah "Master" dan tiga "Budak". Ini sering merupakan bagian dari sistem modular yang dapat diperluas dengan menghubungkan modul lain yang terdiri sepenuhnya dari Budak. The "Master" dek dilengkapi hanya sebagai mesin replay, dan "Budak" dilengkapi hanya untuk merekam. Duplicators biasanya beroperasi pada delapan kali nominal (8X), atau enam belas kali (16X) kecepatan. Pada 8X, rekaman itu berjalan pada 15 "/ detik dan sebuah kaset C60 membutuhkan waktu 3 menit 45 detik (3:45) untuk menyalin. Pada 16X, rekaman itu berjalan pada 30" / detik dan sebuah kaset C60 mengambil 1:52 untuk menyalin. Namun, mesin dapat dijalankan pada hanya 5 / 6 dari kecepatan nominalnya di beberapa negara.
[Catatan : Alasan mengapa beberapa duplicators berjalan pada 5 / 6 dari kecepatan dinilai adalah sebagai berikut - jika motor dirancang untuk frekuensi listrik 60 Hz (dibuat, katakanlah di AS) akan berjalan lambat oleh fraksi bahwa ketika menjalankan dari 50 Hz (katakanlah, di Australia). Hal ini tidak selalu masalah serius, sebagian besar masih memuaskan, dan dalam beberapa kasus alternatif 60 atau 50 Hz motor mungkin tidak tersedia, tetapi perlu diingat. Demikian pula, seorang duplikator dengan motor dirancang untuk digunakan dengan frekuensi 50 Hz induk, maka akan berjalan di 6 / 5 dari kecepatan diperingkat jika dioperasikan dari 60 induk Hz.]
Karena duplicators beroperasi pada kecepatan lebih tinggi dari perekam normal dan pemain, komponen mereka beroperasi pada batas-batas teknologi. Hal ini berlaku terhadap sifat magnet dari kepala, kinerja listrik elektronik, dan kinerja mekanis mekanisme. Semakin tinggi kecepatan (misalnya, "16X" versus "8X") sehingga lebih dekat ke batas di mana duplikator beroperasi, dan hal ini biasanya berarti ada trade-off antara kecepatan duplikasi dan kinerja.

Prinsip Magnetic

Bahan yang paling terpengaruh oleh magnet adalah besi yang mengandung walaupun beberapa bahan lainnya juga menunjukkan sifat magnetik. Ketika suatu material magnetik terkena medan magnet menjadi "magnetised", yaitu, ia tetap medan magnet. Secara umum, semakin sulit untuk magnetise bahan magnetik, semakin baik mempertahankan daya tarik itu. Semakin mudah untuk material magnetik, semakin mudah untuk kemudian menghapus magnet. Medan magnet dapat dihapus atau dikurangi dengan beberapa cara termasuk pemanasan dan shock mekanik (memalu), tetapi untuk tujuan kita, mereka adalah "Dihapus" oleh aplikasi medan magnet yang kuat bolak-balik yang kemudian dikurangi menjadi nol. Lapangan ini siklus berganti-ganti gaya magnet dari bahan yang de-magnetised (dihapus) dari satu polaritas melalui nol dengan polaritas yang lain secara bertahap mengurangi jumlah sampai amplitudo dari medan magnet jatuh ke nol dan material yang tersisa dengan daya magnet nol.
Kepala yang digunakan dalam duplicators harus dibuat dari bahan yang mudah magnetised dalam rangka untuk menjalankan fungsi mereka, dan ini membuat mereka rentan untuk menjadi sengaja magnetised oleh medan "nyasar" magnet. Suatu bagian penting dari menggunakan Peniru adalah demagnetising teratur kepala dan komponen lainnya di jalur rekaman.
[Catatan : Bahkan meninggalkan duplikator dalam satu posisi untuk waktu yang lama akan menghasilkan medan magnet alami bumi yang melakukan hal ini sampai batas tertentu.]
Karena lapisan tercatat kaset adalah magnet, itu dipengaruhi oleh medan magnetik ini menemukan, bukan hanya medan magnet yang terjaga dengan baik duplicators memproduksi dan kepala menghapus rekaman. Seorang kepala budak akan gagal untuk benar merekam kaset jika itu telah menjadi magnetised. Seorang Master Copy dapat sebagian atau seluruhnya dihapus oleh medan magnet tersesat, dan ini bisa dihasilkan oleh seorang kepala yang rusak atau beberapa komponen rusak lainnya di duplikator, atau dengan sengaja menempatkan Master Salin ke dalam modul Slave. Kebanyakan kaset duplicators mengabaikan mencatat melindungi lubang di kaset, sehingga mereka akan menghapus Master Copy jika ditempatkan dalam modul yang salah. Copy Master atau kaset disalin dapat rusak oleh medan yang dihasilkan oleh bagian lain dari duplikator, seperti kerangka baja roller mencubit, jika bagian yang telah menjadi magnetised.
[Catatan : Perlu dicatat bahwa sebuah magnet yang kuat adalah bagian penting dari loudspeaker. Perawatan harus diambil untuk menjaga pengeras suara, atau peralatan apapun yang mengandung loudspeaker, jauh dari kaset dan dari duplicators tape.]
Kaset menggunakan "magnetic tape", yaitu, sebuah pita plastik yang dilapisi dengan partikel magnet halus, diselenggarakan di pengikat. Partikel, dan karenanya rekaman itu, bisa magnetised. Binder tidak sempurna, dan beberapa dari partikel-partikel magnetik menjadi hilang ke tape dan disimpan di atas kepala dan bagian lain dari duplikator. Sayangnya, partikel-partikel ini secara kimiawi sangat mirip dengan karat, dan perlu dihapus sebelum mereka menyebabkan karat atau bentuk-bentuk lain dari korosi. Mereka juga sedikit kasar, dan ini menyebabkan dipakai sebagai rekaman tersebut akan dipindahkan di atas kepala, pemandu tape, dll
Tape perekam dan pemutar kepala terdiri dari sebuah "cincin" dari bahan mudah magnetised dengan "celah" pada sudut kanan ke arah perjalanan tape, dan dengan sebuah kumparan kawat tembaga luka di cincin.
"Rekaman kepala" mengubah sinyal listrik menjadi medan magnet yang sesuai di jurang yang magnetises pita saat melintas. Hal ini meninggalkan berbagai pola magnetisme pada pita yang merupakan salinan dari sinyal listrik, yang pada gilirannya adalah salinan dari tekanan udara dari suara asli.
[Catatan : Untuk menjadi bertele-tele, itu adalah "analog" dari sinyal listrik, yang merupakan "analog" dari tekanan suara dari suara.]
Ketika direkam melewati celah dari "Replay Kepala" pola gaya magnet pada pita menghasilkan sinyal listrik yang sesuai dalam gulungan kepala. Pada akhirnya, ketika kaset dimainkan, kepala replay (sering disebut dengan "bermain head") dari pemain ternyata sinyal ini kembali menjadi suara.
Hal ini mungkin untuk menggunakan kepala yang sama untuk kedua merekam dan memutar ulang, dan perekam kaset jenis pelanggan yang paling melakukan hal ini. Tapi untuk performa optimal, "Profesional" recorder biasanya memiliki catatan terpisah dan kepala bermain sehingga setiap kepala dapat dioptimalkan untuk peran khususnya. Duplicators beroperasi pada batas-batas teknologi karena kecepatan pita yang lebih tinggi digunakan, dan sehingga kepala permainan dek Guru dan merekam kepala Budak selalu berbeda.
Banyak duplicators termasuk "menghapus" fasilitas di atas geladak budak, tetapi tidak semua melakukannya. Hapus kepala beroperasi dengan menggunakan amplitudo konstan, sinyal tingkat tinggi ke tape seperti lewat. Karena rekaman awalnya pengalaman sebagai sinyal yang sangat kuat, yang menurun karena setiap partikel magnet bergerak menjauh dari kepala, secara efektif menghapus rekaman.
[Catatan : Semua kaset yang akan digunakan untuk menyalin harus curah dihapus sebelum digunakan!]

Prinsip Listrik
Karena duplikator bergerak pita pada beberapa kali kecepatan normal, hal ini menimbulkan rentang frekuensi perekaman dengan faktor yang sama. Sebagai contoh, perhatikan Master Copy yang direkam dengan suara memiliki kisaran 40 Hz sampai 10 kHz. Dalam sebuah operasi duplikator pada kecepatan 8X, sirkuit sinyal harus menangani berbagai 320 Hz sampai 80 kHz. Dalam kasus yang beroperasi duplikator di 16X, rentang frekuensi 640 Hz sampai 160 kHz! kepala Merancang dan sirkuit untuk rentang frekuensi bisa menjadi tantangan serius!
[Catatan : Kepala digunakan dalam recorder biasanya terbuat dari paduan khusus besi, tetapi paduan ini mungkin bukan yang paling cocok untuk merekam frekuensi tinggi yang ditemukan di duplicators. Untuk alasan ini beberapa duplicators modern opsional dapat dipasang dengan "ferit" kepala. Ferrites adalah keramik sintetis, dan memiliki batas atas frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan "ferri" (paduan besi) kepala. Ferrites biasanya lebih mahal, tapi lebih awet karena permukaan dimana pita melewati lebih sulit. Oleh karena itu, di mana teknisi yang kompeten hanya tersedia untuk mengunjungi pada interval waktu yang panjang, biaya tinggi dibenarkan sebagai kepala memakai serius membatasi kinerja duplikator.]
Sebuah komponen frekuensi tinggi yang disebut "bias" ditambahkan ke sinyal diterapkan pada head di semua recorder, termasuk duplicators. bias diperlukan untuk mendapatkan rekaman linier, tetapi tidak dapat didengar dalam rekaman selesai. Frekuensi bias harus pada frekuensi beberapa kali lebih tinggi daripada frekuensi sinyal tertinggi untuk direkam, dan ini menambah kesulitan merancang rangkaian rekaman yang sesuai. Selain itu, jumlah bias memiliki efek diucapkan pada rentang frekuensi, tingkat kebisingan dan jumlah distorsi dari sinyal yang direkam. Oleh karena itu harus akurat disesuaikan, tetapi ini biasanya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman ketika servis peralatan. Jumlah optimum bias tergantung pada jenis pita yang digunakan, sehingga sebaiknya harus disesuaikan untuk mendapatkan kinerja yang terbaik dengan satu jenis / merek tape, dan kemudian hanya jenis / merek tape digunakan untuk membuat salinan.

Prinsip mekanis
Semua tape recorder dan pemain membutuhkan kaset untuk bergerak melewati kepala pada kecepatan konstan, tepat dan duplicators tidak terkecuali. Awalnya, ini dicapai dengan mengemudi kapstan menggunakan "sinkron" motor yang dengan desain mereka berputar pada kecepatan terkunci dengan frekuensi listrik. Ini adalah sistem yang sederhana, namun memiliki kelemahan bahwa frekuensi listrik yang berbeda di berbagai belahan dunia. Baru-baru ini, duplicators telah menggunakan motor yang berjalan pada kecepatan elektronik stabil. Ini dapat beroperasi dari induk frekuensi apapun.
Semua duplicators saat ini digunakan dalam GRN mempunyai tata letak mekanik konvensional, di mana tape ditarik melewati kepala oleh roller (tekanan) mencubit, yang menekan pita terhadap penggulung berputar. Beberapa berarti diperlukan untuk menyediakan kontrol pasokan dan mengambil-up spindle, dan biasanya ini harus menyediakan fasilitas setidaknya mundur. Hal ini biasanya dilakukan oleh salah satu dari sejumlah kemungkinan susunan sabuk karet, slip kopling, roda gigi, dll Sarana harus disediakan untuk merasakan akhir tape (rekaman selesai). Banyak duplicators juga menyediakan mundur otomatis. duplicators lama biasanya akan mengontrol pengoperasian berbagai fungsi dengan saklar listrik sederhana dan komponen mekanik. Kemudian duplicators menggunakan model logika sirkuit elektronik untuk mengontrol pengoperasian mekanisme tersebut.
Demagnetisers (juga disebut "Degaussers")
[Catatan : Degauss adalah istilah yang lebih tua dan berasal dari "Gauss", yang merupakan unit lama bernama magnetisme setelah fisikawan awal nama itu.]
Dua jenis demagnetiser umumnya digunakan dalam menggandakan kaset. Yang pertama adalah satuan umumnya lebih besar digunakan untuk demagnetise kaset salinan sebelum digunakan. Kadang-kadang disebut "Bulk Demagnetiser" atau "penghapus massal". Tidak semua duplicators disediakan dengan menghapus kepala, dan dalam kasus duplikator tanpa menghapus kepala, perlu untuk memiliki beberapa cara untuk memastikan semua kaset telah terhapus sebelum mereka digunakan untuk membuat salinan - bahkan nominal "kosong" mungkin kaset sesuatu yang sengaja direkam pada mereka, dan sering ada kaset yang telah direkam seluruhnya atau sebagian, yang dapat digunakan kembali setelah demagnetising. Bahkan dimana duplikator ini dibekali dengan menghapus kepala itu adalah praktik yang baik untuk curah menghapus kaset sebelum mengcopy ke mereka.
[Catatan : Kepala Erase hanya dapat menghapus "track" dengan lebar kira-kira sama dengan "trek" yang kepala akan mencatat rekor. Hal ini mungkin ini akan meninggalkan beberapa sinyal sebelumnya masih di rekaman itu, dan jika kaset dimainkan pada mesin, yang memiliki kepala lebar yang berbeda sedikit, atau lokasi dengan yang digunakan oleh duplikator, beberapa dari sinyal yang tidak diinginkan dapat direproduksi serta sinyal yang diinginkan.]
Jenis kedua demagnetiser adalah "Kepala Demagnetiser". Ini adalah unit genggam yang lebih kecil, yang memiliki bagian tiang cukup lama untuk mencapai wajah kepala. Akhir dari potongan tiang harus memiliki plastik yang menutupi sehingga dapat menyentuh wajah tanpa menggaruk kepala itu. Digunakan, fitur ini diaktifkan, akhir ekstensi digosok ke wajah kepala, dan kemudian, sementara masih diaktifkan, perlahan-lahan ditarik jauh dari kepala. Tidak harus dimatikan sampai jauh dari kepala. (Lihat paragraf pertama dari "Prinsip Magnetik" di atas.) Ini juga harus digunakan dalam cara yang mirip dengan demagnetise benda logam lainnya dekat ke jalan tape.
Seharusnya tidak perlu menghapus demagnetise kepala, seperti biasanya menghapus sinyal melakukan hal ini, tetapi merupakan praktek yang baik untuk melakukannya dan memberikan keyakinan bahwa kepala demagnetised. 
Gambar kerja:
PENTING: Bila demagnetising duplikator, mesin atau tape, daya listrik untuk mesin HARUS dimatikan dan jika mungkin dicabut.
[Catatan : medan magnet yang kuat dari penghapus membangkitkan tegangan tinggi di kepala, yang mungkin bisa merusak elektronik yang terhubung ke kepala. Juga, jika duplikator tetap tersambung ke listrik, jalan yang kebocoran bumi bisa ada yang dapat mengakibatkan kerusakan.]

TEHNIK MEMPERBAIKI PITA KASET

Perbaikan Pita Kaset 
  • Lepaskan lima sekrup dari setengah atas tempurung kaset. Jika kaset belahan shell direkatkan, sangat hati-hati split shell dengan obeng Phillips-kepala. Manuver obeng sekitar shell untuk membuka segel tersebut. Menghindari memotong atau merusak komponen internal kaset. 
  • Hati-hati angkat dari bagian atas shell kaset.
  • Tarik utuh pita dari reel kiri. Menangani tape sesedikit mungkin.
  • Posisi tape di alur blok splicing.
  • Tutup klem atas rekaman itu.
    6 Potong sepanjang slot miring di blok splicing dengan pisau cukur tunggal mengalami kerusakan magnetik atau pisau bermata X-Acto.
  • Lepaskan pita dari blok splicing.
  • Tarik utuh pita dari reel yang tepat. Repeat Steps 4 to 6. Ulangi Langkah 4 sampai 6
  • Tempat tape dari reel tersisa di blok splicing, sehingga ujung pita bertemu di tengah.
  • Potong strip 1/2-inch tape editing. Tempat dimana tape memenuhi kebutuhan. Smooth dengan ujung belakang pena.
  • Posisi pita di bagian bawah shell kaset. Hati-hati angin pita sekitar pin plastik stasioner dan rol di setiap sisi. Posisi tape antara pad tekanan dan depan “gigi” dari shell kaset.
  • Tempatkan lembar filmy atas tape dengan sisi tumpul menghadap ke bawah.
  • Setengah hati-hati posisi atas tempurung kaset di bawah setengah. Pastikan Anda tidak mencubit tape antara dua bagian dari shell.
  • Sekrup atau tape shell bagian bersama-sama.
  • Manual mundur inci beberapa kaset sebelum pengujian.